Menu
Website Pendidikan Siswa

Peranan Bangsa Indonesia dalam Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia

  • Share
Peranan Bangsa Indonesia dalam Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia
Peranan Bangsa Indonesia dalam Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia

Selain Pancasila yang dijadikan sebagai dasar negara Indonesia, UUD 1945 juga digunakan sebagai dasar konstitusional negara Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disebutkan berbagai tujuan nasional bangsa Indonesia, beberapa tujuan nasional bangsa Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia, melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Alasan mengapa Indonesia harus terlibat dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia adalah karena hal tersebut merupakan konsekuensi dari cita-cita bangsa Indonesia yang telah tertuang dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945.   Selain itu, hal ini karena bangsa Indonesia adalah bagian dari seluruh umat manusia di dunia sehingga bangsa Indonesia harus menjadi yang terdepan dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.

Peran Indonesia dalam perdamaian dunia sejalan dengan salah satu tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan ketertiban sosial. keadilan.

Konsekuensi dari tujuan ini adalah bahwa bangsa Indonesia harus selalu berpartisipasi dalam menciptakan perdamaian dunia. Keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia dilakukan melalui hubungan internasional dan keterlibatannya dalam berbagai organisasi internasional. Berikut pemaparan selengkapnya.

Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Hubungan Internasional

Peran Indonesia dalam perdamaian dunia adalah selalu menjalin hubungan internasional yang baik dalam bentuk nyata untuk menciptakan perdamaian dunia. Sebelum membahasnya, perlu dipastikan terlebih dahulu pengertian, ruang lingkup, dan berbagai konsepsi hubungan internasional lainnya agar pemahaman pembahasan dapat sesuai dengan yang dimaksudkan.

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi di luar batas-batas ketatanegaraan (Tim Kemdikbud, 2017, hlm. 120). Hubungan internasional terdiri dari beberapa komponen yang mendukungnya.

Contoh Nyata Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Peran Indonesia dalam perdamaian dunia dapat dilihat dari peristiwa-peristiwa di bawah ini yang secara jelas menggambarkan bentuk kerjasama yang dikembangkan oleh negara Indonesia.

Menggagas diadakannya Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 yang melahirkan semangat dan solidaritas negara-negara Asia Afrika yang kemudian melahirkan Sepuluh Prinsip Bandung.

Aktivitas Indonesia sebagai salah satu pendiri Gerakan Non-Blok (GNB) pada tahun 1961 memilih untuk tidak ambil bagian dalam dua kubu yang tengah dilanda perang dingin dunia. Indonesia menjadi salah satu pendiri ASEAN (Association of South-East Asian Nation), yang merupakan organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, bahkan Sekretariat Jenderal ASEAN berada di Jakarta.

Berpartisipasi dalam setiap acara olahraga internasional dari SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dll. Indonesia juga aktif di beberapa organisasi internasional lainnya, seperti Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC). Hingga saat ini, Indonesia telah menjalin kerja sama bilateral dengan 162 negara.

Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia Melalui Organisasi Internasional

Peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam organisasi internasional adalah Indonesia terlibat dalam berbagai organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan ASEAN (perhimpunan negara-negara Asia Tenggara). Hal ini merupakan wujud komitmen bangsa Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia.

Organisasi internasional adalah organisasi yang berkedudukan sebagai subjek hukum internasional. Karena merupakan subyek hukum internasional, maka organisasi internasional mempunyai hak dan kewajiban yang diatur dalam konvensi internasional. Demikian pembahasan mengenai alasan mengapa indonesia harus terlibat dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia, semoga artikel ini bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.