Menu
Website Pendidikan Siswa

Nabi Mempunyai Sifat Sebagaimana Manusia

  • Share
Nabi Mempunyai Sifat Sebagaimana Manusia
Nabi Mempunyai Sifat Sebagaimana Manusia

Nabi adalah manusia pilihan Allah yang diberi pesan untuk dirinya sendiri tetapi tidak untuk disampaikan kepada umatnya jika Nabi menerima pesan dan. Bahkan seorang rasul juga akan mati seperti mana makhluk lain.

Apakah Nabi Mempunyai Sifat Sebagai Manusia Jelaskan Pendapatmu? Memang benar bahwa nabi memiliki sifat seperti manusia yang disebut dengan sifat jaiz. Nabi memiliki kodrat manusia karena Nabi adalah manusia biasa.

Sifat Jaiz Seorang Nabi dan Rasul Para nabi dan rasul Allah SWT juga memiliki sifat yang disebut dengan sifat jaiz. Sifat jaiz bagi para nabi dan rasul ada satu yaitu Aradhul Basyariyah yang artinya mereka juga memiliki sifat seperti manusia pada umumnya yaitu minum, makan, tidur dan tidur. dll.

Bahkan Nabi pun mengalami rasa sakit dan lapar dan haus tetapi ini bukan sifat dari kekurangan seorang Nabi tetapi itu semua adalah bukti bahwa Nabi adalah manusia. Ya, Nabi memiliki sifat seperti manusia yang disebut Aradul Basyariyah.

Namun ia tidak seperti manusia biasa karena ia telah dipilih dan diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan firman-Nya kepada seluruh umat manusia. Para nabi dan rasul memiliki 4 sifat wajib dan 4 sifat yang tidak mungkin. Maksum adalah sifat yang melindungi para Nabi dari melakukan dosa.

Kenali Sifat Jaiz Nabi yang Harus Kamu Ketahui

Sifat Jaiz Iltizamurrasul

Iltizamurrasul merupakan sifat jaiz bagi Rasul yang artinya orang-orang pilihan juga selalu berkomitmen terhadap apapun yang telah diajarkan. Mereka akan bekerja juga berdakwah sesuai dengan perintah dan petunjuk dari Allah SWT.

Meskipun mereka adalah Rasul atau manusia pilihan, para Rasul juga memiliki komitmen terhadap apa yang akan diajarkan kepada umat manusia. Para Nabi dan Rasul pun bekerja, berdakwah sesuai dengan perintah Allah Ta’ala.

Meski terkadang dalam menjalankan perintah Allah, Rasul banyak mengalami tantangan dari orang-orang di sekitarnya maupun orang-orang yang tidak menyukainya. Karena memiliki komitmen tersebut, mereka tetap pada pendirian yang teguh dan tidak pernah sekalipun mengingkari perintah Allah SWT.

Sifat Jaiz Ishmaturrasul

Sifat Jaiz bagi Rasul artinya Rasul adalah orang yang ma’shum. Artinya, Rasul berlindung dari segala dosa serta kesalahan dalam kemampuan memahami agama. Tidak hanya itu, tetapi juga ketaatan dan menyampaikan wahyu dari Allah SWT.

Jadi, meskipun Rasul adalah seorang manusia, dia adalah orang yang sangat mulia dan tidak memiliki banyak dosa. Segala tantangan siap dihadapi dan selalu siap menjalankan tugas Allah SWT.

Rasulullah hanya memiliki satu sifat jaiz yaitu Aradul Basyariyah yang artinya Rasul memiliki sifat yang sama dengan manusia lainnya. Mereka juga perlu makan, minum, mandi, buang air besar serta pendamping hidup (istri).

Cara Meniru Sifat Rasul

Sebagai umat Islam, kita harus meniru tindakan yang dapat menjadi panutan bagi kita. Meskipun kita belum bertemu dengan para Nabi dan Rasul, kisah mereka juga merupakan contoh yang baik. Tentu ada juga ibrah bagi kehidupan manusia.

Selalu berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari. Tegaskan pada diri sendiri bahwa hanya pertolongan Allah yang terbaik. Menjadikan kisah Rasul sebagai penegak dalam menjalankan agama islam dan mendakwahkan agama kepada sesama. Semoga setelah kita mengenal sifat jaiz bagi Rasul, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT. Demikian pembahasan mengenai apakah nabi Mempunyai sifat sebagai manusia, semoga artikel ini bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.