Menu
Website Pendidikan Siswa

Mengenal Ide Pokok Sebuah Paragraf

  • Share
Mengenal Ide Pokok Sebuah Paragraf
Mengenal Ide Pokok Sebuah Paragraf

Ide pokok merupakan inti dari sebuah paragraf. Untuk dapat memahami suatu paragraf, perlu kehati-hatian dalam menangkap ide pokok.

Dalam buku Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi yang ditulis oleh Alfian Rokhmansyah dkk, dijelaskan bahwa sebuah paragraf yang tidak memiliki ide pokok atau ide pokok tidak dapat dianggap sebuah paragraf. Bentuk ini hanyalah untaian kalimat yang menyerupai paragraf.

Ada dua hal yang tidak penting dalam sebuah paragraf. Pertama, kalimat yang mengandung gagasan utama atau disebut kalimat topik atau kalimat utama. Kedua, kalimat penjelas yang menjelaskan gagasan utama dalam paragraf.

Apa saja Jenis – Jenis Paragraf berdasarkan tata letaknya?

1. Ide Pokok di awal paragraf

Dalam sebuah paragraph terdapat ide pokok yang berada diawal paragraph dimana paragraph ini disebut paragraph deduktif. Biasanya jenis paragraph seperti ini dijelaskan secara rinci dan detail.

2. ide pokok di akhir paragraf

Paragraf yang gagasan utamanya berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Biasanya paragraf jenis ini diawali dengan kalimat yang berisi penjelasan dan diakhiri dengan kalimat utama atau gagasan utama. Dapat dikatakan bahwa gagasan utama dalam paragraf induktif adalah kesimpulan dari pernyataan yang dijelaskan pada kalimat sebelumnya.

3. Ide pokok terletak dawal dan diakhir kalimat

Paragraf yang memiliki gagasan utama di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Dalam paragraf ini terdapat kalimat penjelas yaitu di antara dua gagasan utama di awal dan di akhir paragraf. Dengan demikian, paragraf campuran terdiri dari tiga bagian umum-khusus-umum.

4. Ide Pokok berada di tengah paragraf

Ide pokok juga bisa muncul di tengah paragraf. Pada posisi ini, gagasan utama berfungsi sebagai peralihan antara kalimat yang dinyatakan sebelum dan sesudah kalimat topik. Kalimat setelah gagasan utama biasanya merupakan deskripsi rinci dari gagasan utama.

5. Ide pokok di seluruh paragraf

Selain keempat jenis di atas, terdapat paragraf yang gagasan utamanya terdapat pada semua kalimat dalam paragraf. Paragraf seperti ini biasanya dikembangkan lagi menjadi deskripsi. Paragraf ini menggambarkan suatu objek, sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, atau merasakan objek yang sedang dideskripsikan.

Pengembangan Paragraf

Pengembangan paragraf adalah memberikan informasi tambahan berupa kalimat penjelas atau kalimat untuk mengembangkan ide pokok. Dengan demikian, gagasan utama dapat dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Dalam struktur paragraf, gagasan utama bersifat spesifik.

Menurut dalam sebuah studi dijelaskan bahwa paragraf dapat dikembangkan dalam beberapa pola perkembangan. Antara lain, perbandingan, sebab akibat, contoh, sifat, definisi, rincian, pertanyaan, kronologi, dan klasifikasi pembagian.

Cara Menemukan Ide Utama

Secara umum, penulis meletakkan gagasan utama dalam sebuah kalimat yang dikenal sebagai kalimat utama. Untuk dapat menemukan gagasan utama, pembaca harus memiliki kemampuan untuk membedakan antara kalimat utama dan kalimat pendukung.

1. Mengenali jenis atau jenis paragraf

2. Memahami perbedaan antara kalimat utama dan kalimat pendukung

3. Temukan kalimat utama dalam paragraf

4. Kalimat utama berisi gagasan utama paragraf

5. Biasanya Kalimat utama terdapat pada akhir dan awal kalimat

6. Kalimat utama adalah pernyataan umum yang dirinci dengan kalimat lain

7. Kalimat utama tidak mengandung kata rujukan, seperti that, that, his

8. Kalimat utama biasanya mengandung kata kunci, seperti yang paling penting, adalah, pada prinsipnya, dalam kesimpulan, jadi, sesuai, intinya, dll. 9. Kalimat penjelas biasanya mengandung kata kunci, seperti kata lain, itu, artinya, jadi, itu, selain itu, karena itu, akibatnya, misalnya, karena itu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.