Menu
Website Pendidikan Siswa

Macam – Macam Hasil Samping Sayuran dan Kandungannya

  • Share
Macam – Macam Hasil Samping Sayuran dan Kandungannya
Macam – Macam Hasil Samping Sayuran dan Kandungannya

Tahukah Anda bahwa hasil sampingan nabati masih bisa diolah, lho? apakah kamu memakannya? Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang hasil bahan nabati menjadi lauk pauk yang enak dan bergizi.

Para ahli mengungkapkan bahwasanya hasil samping dari sayuran dapat dikonsumsi dan bernutrisi.

Apa saja hasil samping sayuran yang bisa dikonsumsi?

  1. Kulit bawang

Kulit bawang merah adalah hasil sampingan dari sayuran akar, termasuk kulit bawang merah, kulit bawang putih dan kulit bawang. Kulit bawang merah mengandung quercetin, yaitu senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh atau sangat tinggi antioksidan. Antioksidan pada kulit bawang bombay akan larut dalam makanan dan membuatnya lebih sehat.

  • Batang dan Daun Brokoli

Sayuran brokoli yang biasa dikonsumsi adalah bunganya. Nutrisinya tidak hanya terdapat pada brokolinya akan tetapi juga terdapat pada batang dan daun yang menutupi bunga brokoli banyak mengandung nutrisi. Kandungan nutrisi batang brokoli sama dengan yang terdapat pada bunga brokoli. Daun brokoli mengandung karotenoid, yang merupakan sumber vitamin A yang baik, yang memiliki sifat melawan kanker.

  • Batang Daun Hijau pada Wortel

Tangkai wortel hijau adalah hasil sampingan dari sayuran wortel. Batang daun wortel hijau banyak mengandung nutrisi yang banyak mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Daun hijau kaya akan kalsium, magnesium, niasin, zat besi, seng, vitamin B, vitamin K, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Dan tak heran hasil ini juga bisa membantu melawan kanker usus besar dan memperkuat tulang.

  • kulit kentang

Kentang memang kaya akan kandungan dan manfaat, namun kulit kentang sebenarnya lebih baik daripada kentang itu sendiri. Sebagian besar nutrisi dalam kentang terletak di bawah kulit. Oleh sebab itu, pakar gizi menyarankan untuk mengupas kulit kentang setipis mungkin agar kandungan nutrisinya tidak terbuang percuma.

Kulit kentang kaya akan asam klorogenat, polifenol yang mencegah mutasi sel yang menyebabkan kanker. Kandungan Asam klorogenik berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas yang berpotensi menjadi obat kanker alami.

Selain itu, kulit kentang banyak mengandung serat larut, kalium, zat besi, fosfor, seng, kalsium, kalium, vitamin A, B, dan C.

  • kulit melinjo

Tanaman melinjo yang biasa digunakan adalah daun dan biji melinjo. Biji melinjo umumnya dibuat emping dan jika berlebihan akan menyebabkan asam urat. Kulit biji melinjo merupakan limbah yang jarang dimanfaatkan.

Jika biji melinjo akan menyebabkan sakit asam urat, namun kulit melinjo adalah obat asam urat. Kandungan energinya yang tinggi sangat baik untuk dijadikan sebagai sumber minuman dengan glukosa tinggi.

  • Daun dan Batang Talas

Berikut Hasil samping talas adalah daun, batang dan akar talas. Selai itu, dau dan batang melinjo bisa diolah menjadi makanan guna menyehatkan badan kita , namun akar talas banyak digunakan sebagai obat.

Yang terdapat kandungan nutrisi yang terdapat pada daun talas seperti polifenol, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan juga beberapa vitamin A, B1 dan C yang dapat disimpan.

Sedangkan batang daun talas mengandung saponin. Batang atau tangkai dapat menyebabkan gatal. Untuk menghilangkan rasa gatal, kupas kulit talas hingga bersih dan potong-potong berukuran sedang, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang, lalu tiriskan.  Tidak sembarang batang talas bisa dijadikan makanan olahan, biasanya talas dari jenis pohon Bogor (Colocasia Giganteum Hook dan Colocasia Esculenta) yang bisa dijadikan hasil makanan olahan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.