Menu
Website Pendidikan Siswa

Hikmah dan Manfaat Menuntut Ilmu

  • Share
hikmah menuntut ilmu
hikmah menuntut ilmu

Menuntut ilmu adalah ibadah yang sangat mulia dan mulia. Keutamaan ilmu dan orang yang mencari ilmu sangat jelas seperti yang telah disebutkan, baik dalam Al-Qur’an maupun hadits Nabi. Dan perlu diketahui bahwa ilmu yang mendapat pujian dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah ilmu syariat Allah, ilmu yang menjelaskan tata cara beribadah kepada Allah, ilmu halal dan haram dan lain-lain.

Adapun selain ilmu syar’i, hukumnya tergantung sejauh mana manfaat ilmu itu bagi Islam dan kaum muslimin. Jika kita mengetahui keutamaan ilmu ini, tentu akan lebih semangat untuk mempelajari Islam. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai apa hikmah dan manfaat menuntut ilmu.

Adab Menuntut Ilmu

Sebelum mengetahui manfaat belajar dan hikmahnya, alangkah baiknya jika kita belajar terlebih dahulu bagaimana memperoleh tata krama yang benar. Agar proses belajar kita berjalan dengan baik sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Nantinya ilmu yang bermanfaat bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan di dunia dan akhirat. Berikut adab mencari ilmu yang baik dan benar.

Meluruskan Niat

Segala sesuatu yang dilakukan harus diawali dengan niat, serta mencari ilmu. kesungguhan niat kita dalam belajar dapat mengantarkan kita untuk berhasil dan berhasil dalam menjalani hidup ini. Karena ibadah tergantung pada tujuan dan niat.

Niat belajar yang harus dimiliki adalah menjalankan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya. Maka lawanlah kebodohan agar tidak tertipu oleh orang lain. Persiapkan masa depan yang lebih cerah dan fokus. Juga membekali akhirat agar selamat dan husnul khotimah.

Hormat dan Sopan kepada Guru

Bersikap sopan dan hormat kepada guru merupakan perilaku dan sopan santun yang harus dimiliki oleh setiap siswa ilmu. Karena guru adalah orang yang memberikan ilmu, dengan ilmu itu kita bisa menjadi orang yang lebih baik. Oleh karena itu kita harus selalu memuliakan guru kita dalam proses belajarnya.

Hikmah Menuntut Ilmu dan Manfaat Menuntut Ilmu

Hikmat berarti meliputi segala aspek kehidupan, termasuk masalah keimanan. Hal ini juga berlaku dalam hal belajar. Menuntut ilmu dan belajar adalah salah satu kewajiban kita sebagai muslim di dunia. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa menempuh jalan untuk menimba ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya, berkat amalan ini jalan menuju surga.” (HR.Muslim)

Orang yang menuntut ilmu dan mencari ilmu pasti akan mendapatkan hikmah yang baik. Berikut hikmah mencari ilmu dan manfaat belajar dalam Islam.

  • Dapatkan imbalan yang terus mengalir. Sebagaimana hadits Nabi mengatakan “Jika anak Adam meninggal, terputus amalnya kecuali 3 hal, yaitu sedekah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR Muslim).
  • Berada di jalan Allah, Allah berfirman, “Barangsiapa keluar rumah untuk mencari ilmu, maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali ke rumah.” (HR Tirmidzi).
  • Dimudahkan jalannya menuju surga, karena Allah berfirman “Barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu agama, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim).
  • Diangkat derajatnya, sebagaimana Allah berfirman, “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat”.
  • Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin rendah hatinya.
  • Lebih mudah untuk memecahkan masalah.
  • Semakin banyak orang yang selalu mengamalkan ilmunya, semakin pintar mereka.
  • Lindungi diri Anda dari hal-hal buruk.
  • Meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT.
  • Memelihara kebijaksanaan dan menghaluskan perasaan.
  • Menjadikan seseorang lebih pintar dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Modal utama dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita.
  • Dihormati dan dihormati oleh orang lain.

Itulah kurang lebih manfaat menuntut ilmu dalam Islam. Semoga dengan mengetahui apa hikmah dan manfaat menuntut ilmu , kita selalu bersemangat untuk terus mencari ilmu dan mengharap ridho-Nya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.